+628115002852

karimsudan6000@gmail.com

Mengusir Tikus Curut Di Rumah Dengan Cara Alami


Dalam kehidupan sehai-hari yang kita lakukan di rumah biasanya tidak terlepas dari berbagai macam kejadian. Salah satu kejadian itu disebabkan oleh tikus curut yang sedang berkeliaran. Biasanya hampir setiap rumah terdapat hewan tersebut yang dapat mengganggu kenyamanan penghuni rumah.
Tikus curut ialah binatang pemakan serangga bertubuh kecil dan tergolong dalam familia Soricidae. Salah satu anggotanya ialah curut rumah (Suncus murinus L.) yang biasa dijumpai berlarian di sudut dinding ataupun di atas rangka rumah untuk mencari mangsa yang ada di sekitarnya.
Di habitat alaminya curut memakan serangga serangga dan binatang kecil yang terdapat dialam misalnya lebah, kecoa, lipan, kumbang, kupu-kupu, larva ngengat, jangkrik, cacing tanah, belalang, tawon ichneumonid, kaki seribu, siput, dan laba-laba.

Dan dikala tikus tersebut tidak mendapat cukup makanan di habitat alaminya, mereka akan mencari makanan ke manapun mereka sanggup asalkan mendapat makanan termasuk ke dalam rumah anda. Ketika mereka memasuki rumah anda mereka akan memakan binatang dan serangga kecil sampai sisa sisa makanan yang ada di dirumah anda.


Hewan ini kerap kali dianggap sebagai tikus alasannya ialah ukuran, warna rambut, serta moncongnya. Sebutan lainnya ialah cecurut, (tikus) curut, cencurut, dan munggis. Pada kenyataannya, celurut sangat jauh kekerabatannya dari tikus, bahkan berbeda ordo, celurut termasuk ordo Soricomorpha, bukan Rodentia (hewan pengerat). Karena habitat hidupnya yang tumpang tindih dengan tikus, celurut juga menjadi binatang vektor penyakit yang serupa dengan tikus. Mereka bertanggung jawab terhadap penyebaran virus, kuman dan bibit penyakit.

Memang sudah banyak materi kimia yang beredar dipasaran untuk membunuh celurut ini, tetapi akan lebih baik bila anda memakai cara alami yang tentu saja kondusif bagi peliharaan dirumah termasuk anggota keluarga anda dirumah. Nah berikut ialah beberapa tips alami mengusir celurut dirumah anda.

Pastikan ruangan anda bersih
Seperti diketahui bahwa celurut atau curut menyukai tempat tempat kotor, gelap dan lembab, maka tidak mengherankan bila banyak dari mereka yang sering dijumpai dibawah lemari, dikolong tempat tidur dibawah meja makan dan sebagainya. Dengan demikian pastikan untuk selalu menjaga kebersihan ruangan rumah anda dari tumpukan kayu, kerikil atau perabotan lain yang mungkin sanggup dipakai curut atau celurut untuk bersembunyi.
Tidak memberinya aksen pasokan makanan

Seperti kita ketahui bahwa binatang liar seperti kucing liar, katak, ular bahkan curut akan memasuk kedalam rumah anda dikala mereka mengetahui cukup tersedia pasokan makanan yang terdapat dirumah anda. Maka untuk mencegah binatang tersebut masuk kedalam rumah cukup pastikan tidak ada makanan yang menarik perhatian mereka, misalnya menyimpan makanan dalam keadaan tertutup, tidak ada sisa sisa makanan di ruang dapur anda, tidak tersedia serangga misalnya kecoa, dan lain sebagainya. Dan juga jauhkan sampah di luar ruangan dan wadah sampah tutup dengan rapat.
Pastikan ruangan rumah anda higienis dan kering

Pastikan tempat tempat diruangan anda tetap higienis dan kering dari sumber air. Hindari membuat lingkungan yang lembab, karena hal tersebut yang dapat menarik curut atau celurut untuk masuk ke dalam rumah anda. Hewan ini mengalami kekurangan cairan tubuh dengan cepat, sehingga mereka tidak sanggup jauh dari sumber air. Lingkungan yang lembab juga cenderung untuk menarik hama serangga, diversifikasi dan meningkatkan tersedia persediaan makanan tikus.
Memelihara predator musuh celurut

Jika anda menyukai kucing atau anjing maka hal itu sangat baik untuk menjauhkan tikus curut dari rumah anda, alasannya ialah binatang peliharaan tersebut merupakan musuh alami celurut. Hewan predator alami celurut lainnya ialah ular, elang, burung hantu dan sebagainya.
Menggunakan kebisingan, atau memakai bunyi infra dan ultrasonik

Seperti diketahui bahwa curut atau celurut tidak menyukai tempat tempat yang bising. Bahkan anda memakai aplikasi smartphone atau laptop yang banyak tersedia diinternet untuk menghasilkan bunyi infrasonik atau ultrasonik untuk mengusir binatang hewan ibarat nyamuk, serangga, tikus dan binatang hewan pengganggu lain dirumah anda. 
Menggunakan shrews repellent

Shrews repellent berarti pengusir tikus curut yang banyak tersedia di toko-toko biasanya toko peternakan. Bahan ini mempunyai bau yang bacin ibarat bacin urine. Mereka cenderung menghindari kawasan yang berbau bacin urin seperti yang terdapat pada shrews repellent ini, dimana hal tersebut dapat menjauhkan rumah anda dari tikus celurut. Untuk menggunakan produk pengusir tikus curut ikuti petunjuk kemasan.
Demikian pembahasan tentang tikus curut yang dapat mengganggu kenyamanan penghuni rumah beserta cara mengusirnya dengan cara alami, semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *