+628115002852

karimsudan6000@gmail.com

Manfaat Daun Salam Bagi Manusia


Manfaat Daun Salam Bagi Manusia

 
Kebanyakan orang Indonesia menggunakan daun salam sebagai penyedap pada makanan sehingga dapat memberikan cita rasa yang khas. Daun salam adalah salah satu penyedap rasa yang memang tidak dapat ditinggalkan oleh warga masyarakat di Indonesa. Cara menggunakan daun salam tersebut bisa dalam bentuk yang sudah kering maupun masih segar. Tinggal menyesuaikan selera masing-masing orang.

Bagi sebagaian besar ibu rumah tangga memang daun salam sangat mempunyai kegunaan dan digemari lantaran menjadi sobat setia di dapur mekeka. Tapi perlu diketahui bahwa ternyata daun salam tidak hanya digunakan sebagai penyedap masakan, namun dapat dijadikan pula sebagai obat alami bagi manusia.

Manfaat Daun Salam Sebagai Pengobatan
Di dalam daun salam terkandung senyawa, mineral dan juga vitamin yang mempunyai banyak manfaat. Bagi orang-orang Romawi dan Yunani, Tanaman ini dipercaya oleh mereka sebagai lambang dari kedamaian, budi dan juga perlindungan. Untuk kesehatan, daun salam mempunyai banyak sekali manfaat sebagai berikut :

1.    Mampu Mengobati Penyakit Diabetes
Daun salam ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diabetes tipe dua yaitu menurunkan glukosa darah, triglesarida, dan kolesterol. Daun salam mengandung antioksidan sehingga memungkinkan badan untuk bisa memproses insulin yang efisien, sehingga hal ini baik bagi penderita penyakit diabetes dan orang yang sedang mengalami resitensi insulin.
Cara mengolah daun salam untuk mengobati penyakit diabetes adalah siapkan 4 gelas air (1 liter), 15 gr daun salam segar. Rebus air hingga mendidih dan masukan daun salamnya. Didihkan selama 3-5 menit. Matikan api lalu diamkan selama 10 menit dan saring sebelum diminum. Konsumsi kurang lebih hingga 2 gelas dalam sehari.

2.    Dapat Mempengaruhi Kardiovaskuler
Adanya senyawa-senyawa yang seperti salisilat, rutin, asam caffeic dan fitonutrien yang sangat berpengaruh di dalam daun salam, bisa membantu meningkatkan kesehatan bagi jantung serta bisa mencegah timbulnya stoke. Bagi penderita hipertensi, flavanoid bisa membantu menormalkan darah.
Cara mengolahnya yaitu ambil sekitar 10 lembar daun salam yang sudah dicuci, bersihkan, kemudian rebuslah dengan menggunakan tiga gelas air. Minumlah air rebusan tadi sekitar sekali dalam satu hari.

3.    Mampu Mengobati Batuk
Daun salam juga efektif untuk memerangi tanda-tanda flu, pilek dan infeksi. Untuk mengobati gangguan pernafasan, anda bisa merebus air yang dicampur dengan 2 atau 3 lembar daun salam. Diamkan selama 10 menit hingga menguap, kemudian redamlah kain ke dalam air rebusan ini kemudian tetakkanlah di dada semoga bisa meringankan flu, pilek maupun batuk.

4.    Mampu Mengobati Asam Urat
Penyebab tanda-tanda asam urat bisa disebabkan oleh penumpukan kandungan zat purin pada tubuh. Daun salam merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi penyakit asam urat. Cuci hingga bersih kurang lebih sekitar 10 lembar daun salam, rebuslah menggunakan 10 gelas air hingga sisa air sekitar 5 gelas. Setelah selesai minumlah air rebusan tadi.

5.    Mampu Mengobati Gangguan Ginjal
Untuk mengobat kerikil ginjal dan bisul ginjal bisa menggunakan daun salam. Cara menggunakan daun salam untuk pengobatan ini bisa dengan cara mendidihkan 5 gram daun salam dengna menggunakan 200 ml air atau 50 ml. Minumlah dua kali sehari sesudah disaring terlebih dahulu, hal ini dimaksudkan untuk bisa menghentikan pembentukan kerikil ginjal yang ada di dalam tubuh.

Demikianlah pembahasan kita mengenai manfaat daun salam bagi manusia beserta cara mengolahnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai berjumpa lagi di artikel-artikel berikutya. See you next time.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *