+628115002852

karimsudan6000@gmail.com

Pertolongan Pertama Ketika Tersedak


Pertolongan Pertama Ketika Tersedak

Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali kita mengalami suatu peristiwa, misalnya saja tersedak. Dapat dipastikan bahwa setiap orang pernah mengalaminya. Tersedak dapat terjadi kapan dan dimana saja tanpa memandang situasi dan kondisi. Pada umumnya tubuh mengalami tersedak lantaran terhalangnya jalur pernapasan kepingan atas yang disebabkan oleh makanan atau benda aneh lainnya sehingga menghampat seseorang bernapas dan menciptakan sesak napas.

Ketika tersedak biasanya seseorang akan mengalami beberapa hal. Diantaranya sulit berbicara, sulit bernapas, batuk-batuk, berusaha untuk minum, tiba-tiba terlihat mencekik lehernya sendiri, serta suara napas tidak beraturan. Hal ini mungkin terdengar sepele, namun kalau tersedak tidak menerima penanganan dengan baik, maka kondisi tersebut dapat berbahaya dan mengakibatkan kemungkinan terparah yaitu meninggal dunia.

Berikut ini akan disajikan mengenai pertolongan pertama yang dapat dilakukan ketika tersedak antara lain yaitu:

1.    Penanganan Bagi Orang Dewasa
Pertolongan yang dapat anda lakukan kepada korban tersedak ialah berikan setidaknya lima kali tepukan yang agak kencang di punggung korban dengan memakai bagian bawah telapak tangan anda.
Lakukan tepukan diantara kedua tulang belikat korban dan dengan memberi jeda antara satu tepukan dengan tepukan berikutnya. Jika langkah tersebut belum berhasil mengeluarkan benda aneh dari mulut korban maka lakukan langkah berikutnya.

2.    Penanganan Bagi Anak-Anak
Penanganan yang dapat dilakukan terhadap anak-anak yang tersedak ialah dengan berdiri dan berlutut di belakang korban dan pastikan posisi tubuh anda sama tinggi dengan tinggi korban. Namun kalau korban masih belum dewasa atau mempunyai tubuh lebih kecil dari anda maka kemungkinan anda harus berlutut.
Kemudian kepalkan salah satu tangan anda kemudian letakkan kepalan tangan tersebut dengan arah ibu jari melekat ke dinding perut korban. Posisikan kepalan tangan anda pada pertengahan diantara pusar dan batas pertemuan iga kiri dan kanan.
Jangan posisikan kepalan tangan anda di ulu hati. Usahakan kedua tangan anda saling menggenggam serta minta korban untuk lebih rileks. Selanjutnya kencangkan genggaman tangan anda sehingga kedua lengan melingkar di perut korban. Setelah itu lakukan pementingan kearah belakang dan atas hingga benda aneh tersebut keluar dari mulut korban.

3.    Penanganan Bagi Ibu Hamil & Orang Yang Obesitas
Apabila korban yang tersedak adalah seorang perempuan hamil atau orang remaja yang terlalu gemuk dengan kata lain obesitas, anda dapat memberikan pertolongan dengan meletakkan kepalan tangan anda di tengah-tengah tulang dada.

4.    Penanganan Bagi Korban Berumur diatas Satu Tahun Dalam Kondisi Tidak Sadar
Penanganan berbeda dapat dilakukan pada korban tersedak untuk usia lebih dari satu tahun dan remaja yang dalam kondisi tidak sadar. Hal yang dapat lakukan ialah pertama segera panggil santunan medis.
Namun kalau terdapat jeda waktu dalam menunggu santunan medis, langkah-langkah yang sanggup dilakukan diantaranya buka kanal nafas korban dan cek pernapasan. Untuk membuka kanal nafas letakkan satu tangan di dahi korban dan dua jari tangan dibawah dagunya.
Dongkakan kepala korban secara perlahan dengan menekan dahi sambil sedikit mendorong dagu korban. Jika korban tidak bernafas segera lakukan CPR atau nafas buatan. Berikan dua nafas efektif hingga lima kali percobaan.
Jika dada korban mengembang selama pemberian nafas buatan maka teruskan langkah tersebut. Tapi kalau dada tidak mengembang lakukan limabelas kompresi atau tekanan pada dada yang diselingi dengan dua nafas bantuan.
Jika anda melihat benda asing, lakukan sapuan jari untuk mengeluarkan benda tersebut dari mulut korban. Kemudian lakukan langkah-langkah berikut sampai anda berhasil menangani korban tersedak.
Karena ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi setelah benda aneh tersebut keluar dari lisan korban. Pertama berikan dua kali nafas kemudian lihatlah respon korban. Apakah batuk muntah atau ada pergerakan. Jika anda terlatih untuk menyelidiki nadi, maka periksa nadi di leher korban selama sepuluh detik.
Jika nadi tidak teraba dan korban tidak bernafas, lanjutkan CPR. Dan kalau sudah tersedia segera pasang IAD yaitu alat bantu pernapasan elektronik. Jika nadi ada tetapi nafas tidak ada maka berikanlah santunan nafas selama dua menit dan dalam satu menit anda harus memberikan sepuluh kali nafas.
Dimana jeda antara nafas ialah enam detik. Setelah dua menit periksalah nafas korban. Jika sudah bernafas normal letakkan korban dalam posisi miring yang merupakan posisi pemulihan sambil menunggu santunan datang.

5.    Penanganan Bagi Bayi
Penanganan tersedak bagi bayi tentu saja berbeda dengan penanganan bagi anak yang sudah menginjak usia satu tahun. Jika korbannya adalah seorang bayi, maka berikan pertolongan dengan membaringkan badannya di lengan atau paha anda dengan posisi wajahnya menghadap bawah dan kepala lebih rendah dari tubuh.
Topang kepingan kepala, rahang, dan tulang pipi dengan jari. Lalu tepuk pelan punggung bayi dengan tangan kurang lebih lima kali. Jika belum teratasi juga maka baliklah tubuh si bayi dengan posisi kepala diusahakan tetap lebih rendah.
Kemudian tepuk secara pelan memakai jari tengah dan jari cantik pada pertengahan garis tulang dada dan lakukan secara berulang-ulang. Jika benda aneh belum sanggup keluar dan bayi menjadi tidak sadar, anda dapat melaksanakan langkah berikut yaitu baringkan bayi diatas permukaan yang rata dan agak keras.
Buka mulut si bayi dan lihatlah apakah benda aneh yang ada ditenggorokan terlihat atau tidak. Jika terlihat ambillah memakai sapuan jari anda, tapi kalau tidak jangan mengorek mulut bayi. Lakukanlah CPR yang terdiri dari tigapuluh penekanann dada diikuti dua kali nafas.
Apabila benda aneh masih belum sanggup keluar dan bayi masih belum sadar  sehabis melaksanakan lima kali metode CPR, segera panggil santunan medis kemudian lanjutkan CPR anda hingga santunan medis tiba atau benda tersebut keluar.

Dan sahabatku sekalian, demikianlah beberapa tips pertolongan pertama ketika tersedak. Semoga hal ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi saya sendiri. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *